bahasa remaja jepang (wakamono kotoba)



若者言葉 (wakamono kotoba) adalah bahasa yang lazim digunakan oleh anak-anak
muda jepang, terdiri atas 2 kata, yaitu 若者 (wakamono) “muda” dan 言葉 (kotoba) “kata”. Dapat juga berarti Bahasa anak muda atau bahasa Gaul nya anak-anak di
Jepang. Bagaimanakah bahasa gaul Jepang itu?
mari kita simak uraian di bawah ini.

1. Chou (超)
Ini adalah awalan yang
artinya “super”. Contoh
penggunaannya adalah
chou-oishii (super lezat)
dan chou-kawaii (super imut). Alternatif standarnya adalah
monosugoku dan hontou ni
(tidak sekuat monosugoku). Kanji chou sendiri digunakan pada kata seperti chou-tokyuu (超特急, kereta super
ekspres).

2. Maji (マジ)
Artinya adalah “serius”
dan berasal dari まじめ
majime (serius). Kata ini sering digunakan sebagai ekspresi saat kaget mendengar sesuatu:
“maji???” atau “majide????” (“serius???”, “yang bener???”). Bisa juga digunakan sebagai adjektiva misalnya maji na kao (muka serius). Contoh lainnya bisa dilihat dalam kalimat ini.
マジで私に恋しなさい!! “Maji
de watashi ni Koi Shinasai” (Cintailah aku dengan serius!!) <——– ini judul anime.

3. Kimoi (キモイ)
Artinya “menjijikan”,
merupakan singkatan dari
気持ち悪い (kimochi warui).
Kimoi ini sering Anda
temukan apabila suka nonton anime Ore no Imouto.

4. Saboru (サボる)
Artinya bolos.

5. Arienai (ありえない) Kalo kalian sering nonton
anime pasti sering banget
denger kata, arienai.
Artinya, nggak mungkin
atau mustahil. Kata arienai lebih sering dipakai daripada shinjirarenai yang juga punya arti yang sama.


6. Saikou (さいこう)
Saikou artinya sangat,
bisa sangat enak, sangat
asyik, sangat hebat, pokoknya sesuatu yang
menunjukkan hal yang luar biasa atau dalam bahasa
gaulnya bisa dibilang "T.O.P banget,deh”.

7. Imechen suru (イメチェンする)
Artinya : Rubah image
“imeeji” dari kata bahasa
Inggris “image”
“chenji” dari kata bahasa Inggris “change”

8. Ikemen (イケメン)
Artinya : Cowok keren

Tambahan nih:: 1. uwaki otoko : cowok
yang suka selingkuh
2. uwaki onna : cewek
yang suka selingkuh
3. choukawaii : manis
banget 4. ikemen : cowok cakep
5. otokotarashi : Play Girl
6. onnatarashi : Play Boy
7. hitomebore : cinta
pandangan pertama
8. ai shitemo ii? : bolehkah aku mencintaimu?
9. boku no soba ni ite
kurenai? : maukah kau
berada di sisiku?
10.puropoozu shitemo ii? :
bolehkah aku melamarmu? 11.tada anata o aishiteru :
aku cuma cinta sama kamu
( per )
tada kimi o aishiteru :
aku cuma cinta sama kamu
( laki2 ) 12.anata ni aete,
yokatta : aku beruntung
bisa bertemu denganmu
13.hanaretakunai : aku
gak mau putus denganmu
14.anata ni deatte, yokatta : aku senang bisa
mengenalmu (dikatakan
saat putus dengan pacar)
15.mou wakareta : udah
putus
16.ganbatte ne! : semangat!
17.tsumanne :
membosankan ( per )
tsumanna :
membosankan ( laki2 )
18.mendoukusaina… : malasnya….
19.yatta!! : asyik!!! /
berhasil!!
20.sugee : hebat
21.akiramenna!! : jangan
putus asa!! 22.namaiki iun ja nee yo :
jangan sombong-sombong
23.arienai : gak mungkin
24.nani atta no? : ada apa
sih…?
25.oshiete kure! : kasih tau dong!
26.betsu ni : gak ada apa-
apa
27.majide? : sumpah lo?
28.sokka : gitu ya… / oya…
29.maa ne : ya gitu deh 30.atarimaeda! : ya iyalah!
(ya iya lah, masa ya iya
dong)
31.yappa : sudah kuduga
32.shikata nai : apa boleh
buat 33.kawaisou : kasian deh lo
34.iya / yada : gak mau
35.usotsuki : pembohong
36.urusai yo! : berisik tau!
( per )
urusee yo! :berisik tau! ( laki2 )
37.jiro-jiro mite nanda yo!
apa lo liat-liat!
38.baka mitai : seperti
orang bodoh / dasar oon
39.baka yaro : dasar goblok
40.kusso : brengsek /
sialan
41.saiteidayo : kamu gak
ada apa-apanya
42.sukebe : dasar omes (otak mesum)
43.yabai! : gawat!
44.kimochi warui : sebel
45.suman : sorry


* dikutip dari berbagai sumber dengan beberapa perubahan

Topic : study budaya - Genre : Idol

Tag : bahasa gaul, remaja jepang, wakamono kotoba

Comments

Post a comment

Trackbacks


Use trackback on this entry.